Perilaku Konsumen dan Bauran Pemasaran 7P

Adanya berbagai produk perusahaan yang ditawarkan akan memberikan alternatif kepada konsumen untuk memilih produk serta memutuskan pada perusahaan mana ia akan menjadi konsumen. Keadaan ini menyebabkan timbulnya persaingan tajam baik antar perusahaan maupun antar produk yang ada.
Untuk berhasil menghadapi persaingan, maka konsep pemasaran yang berorientasi pada konsumen (consumer oriented) menjadi penting. Dalam konsep tersebut mendasarkan bahwa kegiatan pemasaran suatu perusahaan dimulai dengan usaha mengenal dan memahami keinginan dan kebutuhan konsumen. Selanjutnya adalah menyusun dan merumuskan suatu kombinasi dari bauran pemasaran 7 P yaitu :
- Product (Produk),
- Promotion (Promosi),
- Price (Harga),
- Place (Distribusi),
- People (Orang),
- Physical environment (lingkungan fisik)
- Process (Proses) setepat mungkin agar kebutuhan para konsumen dapat dipenuhi.